Rabu, 24 September 2014

Kali ini mau berbagi tentang jalur pendakian Gunung Sindoro. Bagi yang sering mendaki gunung pasti tidak asing lagi kan dengan gunung ini. Gunung ini merupakan gunung yang terbilang tinggi di jawa dan menempati urutan ke 3 di jawa tengah dengan tinggi sekitar 3153 mdpl. Dengan ketinggian diatas 3000 meter diatas air laut sudah cukup untuk membuat adrenali kita naik, dan berhasrat tinggi untuk menaklukkan puncaknya.





Terakhir saya ke Gunung Sindoro pada waktu 17 Agustus 2014 ini, jadi belum terlalu lama lah.. hehe.. Ada beberapa jalur pendakian ke Gunung Sindoro, antara lain Jalur Kledung (Temanggung), Jalur Sikatok (desa Sigedang – Kejajar Tambi kab. Wonosobo), Jalur Sibajak (Temanggung), Jalur Jlumprit (Dusun Katekan). Jalur terdekat untuk sampai ke puncak itu melewati jalur Sikatok melewati Desa Sigedang. Tapi terakhir saya naik ke sana melewati jalur Kledung, medannya gak terlalu jauh beda dengan jalur Sikatok.


Di awal perjalanan melewati jalur Kledung kita akan disuguhi pemandangan perkebunan yang cukup luas. Selama perjalanan kita akan melewati perkebunan sampai ke POS 1. Jarak dari POS 1 dengan basecamp lumayan jauh yaitu sekitar 2 km, tapi kalau pengen cepet kita bisa naik ojek yang sudah di sediakan warga, cukup dengan merogoh kocek 15.000 rupiah sudah bisa sampai di POS 1 gunung sindoro gampang kan.. hehee..


Nah kalau sudah sampai di POS 1 kita lanjut ke POS 2. Suasana perjalanan akan sedikit berubah, karena POS 1 juga merupakan batas akhir dari perkebunan warga dan mulailah kita akan melewati hutan gunung. Hutan yang akan kita lewati gak seperti hutan dalam imajinasi anak-anak kecil ya, yang banyak pohon gede, pohon tinggi dan serem tempatnya, tapi disini akan di temui pohon yang gak terlalu tinggi namun lumayan lebat. Di POS 2 ada sebuah gubug kecil yang lumayan lah bisa buat istirahat sejenak sambil ngopi atau sekedar liat-liat pendaki lain lewat..


Kemudian Perjalanan di lanjut ke POS 3, perjalanan sekarang lebih menantang karena jalur pendakian sudah mulai terjal. Untuk beberapa pendaki akan sedikit mengurangi laju jalannya. 


Naik lagi jalur yang kita lalui akan lebih terjal lagi, dari POS 4 sampai ke puncak jalurnya hampir sama, kebanyakan dari pendaki akan berhenti di POS3 kerena pendakian ke POS 4 lebih sulit dan memakan tenaga yang besar. Namun semua itu akan di bayar dengan pemandangan indah yang disuguhkan selama perjalanan munuju puncak. Kalau mendaki di siang hari akan terlihat bagaimana menakjubkan pemandangan di sekitar jalur pendakian, dan juga kalau beruntung akan ditemui banyak bunga edelweis yang sedang mekar... woow.. mantap deh.. 



Sebelum sampai di puncak kita akan di beri sedikit cobaan, layaknya semua pendaki cobaanya itu sederhana yaitu dengan melewati puncak bayangan, jadi di depan rasanya seperti sudah sampai puncak ehh... ternyata belum sampai juga, tapi ya itulah nikmaynya, kalau tidak sabar bisa senewen sendiri nanti haha.. 

Setelah menghamburkan tenaga cukup banyak, sampailah kita di puncak.. dengan rasa syukur kita ucapkan Alhamdulillah.. kerena sudah mengijinkan kita menapakkan kaki di puncak gunung sindoro ini... Sungguh indah ciptaanmu ya Allah...


0 Jejak Komentar Anda:

Posting Komentar